Sunday, 8 February 2009

Mengelompokkan dan menjumlahkan data angka di Crystal Report




Gambar 1. Field yang berulang

Pada gambar 1, bisa kita lihat field-field Nama Potongan ada yang mempunyai nama yang sama, seperti BAJU, DONATOR ORKES, DONATOR RA, dan lain sebagainya. DalamPembuatan laporan, tentu saja ini bisa menjadi laporan yang lucu, karena kok bisa nama field yang sama muncul 2 kali dengan nilai yang berbeda pula. Kasus ini biasanya kita buat pengelompokan, dan kita totalkan berdasarkan kelompok, untuk BAJU berapa totalnya, begitu juga untuk DONATUR ORKES dan seterusnya dan seterusnya.

Untuk mengelompokkan data kita bisa menggunakan GROUP, caranya dengan mengunakan menu Insert => Group sehingga akan memunculkan window seperti dibawah ini:




Gambar 2. Insert group

Langkah selanjutnya adalah memilih field mana yang akan dikelompokkan, dan jenis pengurutannya, pada gambar terlihat bahwa field dikelompokkan pada nmpot, dengan pengurutan ascending (dari atas ke bawah). Setelah kita mengklik OK, maka crystal report akan menambahkan 2 buah section Group Header #1, dan Group Footer #1. Jika kita tambahkan group lagi, maka dia akan menjadi Group Header #2 dan seterusnya. Group header akan mengelompokkan field-field dengan nmpot yang sama yang diurutkan secara ascending. Group header menunjukkan terjadi perubahan field, yang diakhiri dengan Group footer.

Langkah selanjutnya kita harus menjumlahkan field nilaipot(Jumlah Potongan) per masing-masing nmpot (Nama Potongan), dengan cara mengklik kanan pada field nilaipot(Jumlah Potongan) => Insert Subtotal => pilih Group #1 => Ok, sekarang tampilan laporan sudah membuat kelompok dari Nama Potongan dan mentotalkan jumlah setiap nama potongan tersebut, perhatikan gambar dibawah ini:




Gambar 3. Jumlah Potongan yang telah di group kan

Langkah selanjutnya adalah memindahkan nama field Group #1 Name (yang sebenarnya adalah field nmpot ke Group Footer, dan kemudian menyembunyikan section Detil, dan Group Header #1. Caranya kita harus kembali ke modus design di crystal report, perhatikan gambar 4.




Gambar 4. Modus Design

Drag Group # 1 Name ke bagian Group Footer #1 Sehingga Hasilnya seperti gambar 5.




Gambar 5. Drag Group #1 Name

Langkah berikut adalah Klik kanan masing-masing pada Section Group Header #1, dan Details, kemudian pilih Suppress (No Drill-Down) seperti Gambar 6. Langkah ini berguna untuk menyembunyikan kedua section ini, sehingga satu-satunya section yang akan dimunculkan adalah Section Group Footer #1.




Gambar 6. Suppress (No Drill-Down)

Sekarang kita lihat lagi preview dari report, dan kita dapatkan hasilnya, semoga memuaskan toh, silahkan dikembangkan ke kasus-kasus yang lain, selamat belajar... dan ini hasilnya:




Gambar 7. Hasil Kerja keras


8 comments:

Pak,
saya sedang belajar CR dan mengerjakan hal yang mirip seperti ini. Membantu sekali ketemu blog yang membahas hal ini.

Program saya, punya 3 group data. Permasalahan saya temukan pada group ke-2.

Pada Group ke-1 semua data dijumlahkan. Kemudian pada group ke-2, setiap hasil jumlah pada group ke-1 tadi, dihitung rata-ratanya. Nah, untuk menghitung rata-ratanya ini masalah saya. Mohon bantuannya.

Atas bantuannya, sebelumnya saya ucapkan terima-kasih.

Hal yang sama seperti ini juga saya kirimkan via email.


M. Budi.

Assalaamu'alaikum,

Pak,

Kalo ada ga contoh GroupHeader utk datareport?
kan pake VB datareport lebih murah ga butuh applikasi Cr...

Wassalaamu'alaikum.

Wah, saya ndak terlalu mendalami datareport Sdr LabQ5, karena ada beberapa settingan yang kadang saya tidak faham

Saya mempraktekan contoh penjumlahan yang diberikan di atas. tetapi ada kendala ketika saya mau menjumlahkan dengan cara mengklik kanan pada field nilaipot(Jumlah Potongan) => Insert Subtotal. Di progam CR7 saya pada insert sub total tidak aktif padahal saya sudah mengaktifkan field yang akan di jumlahkan. Yang saya tanyakan adalah bagaimana mengaktifkan menu insert subtotal agar contoh yang diberikan dapat saya praktekkan..trims

salam kenal sbelumnya pak..
mohon bantuan pak, saya mau menanyakan..

bagiamana cara membuat group berdasarkan kondisi jumlah isi data

contoh data awal

1. BCA 100
2. BCA 200
3. BCA 100
4. BCA 100
5. BCA 200
6. BCA 100
6. BRI 100
7. BRI 200
8. BRI 200
9. BRI 100

saya ingin report keluar sebagai berikut
BCA = perhalaman maximal 500
BRI = perhalaman maximal 300

1. BCA 100
2. BCA 200
3. BCA 100
4. BCA 100
-------
total 5000
--- pindah halaman
5. BCA 200
6. BCA 100
------
total 3000
----- pindah halaman
6. BRI 100
7. BRI 200
-----
total 300
---- pindah halaman
8. BRI 200
9. BRI 100
-----
total 300

demikian mohon bantuan sekali pak

terimakasih sebelumnya

mohon bila berkenan kirim jawaban ke email saya pak
di saefudin@gmail.com

kalau menjumlah kan field yang sama gimana gan tanpa harus di kelompok kan. cth nya field DENDA. Membuat Total na gimana gan...
TOTAL = Sikma (denda)... kira2 bgtu lah gambaran nya gan... Inbox ya gan fb.
facebook.com/azlanalex

gan cara buat group yang diujung'a ada tanda "()" gmna gan

kalau mau jumlahin data dari 2 tabel yang berbeda gimana ?, tapi yang satu datanya di ambil dari sub total yang sudah dibuat

Post a Comment