Friday, 29 April 2011

Belajar Visual Basic 12. Procedure dan Function

Untuk memudahkan dalam mengorganisir program, dan Visual Basic masih mengikutsertakan prinsip modular programming. Dimana program bisa dipecah kedalam subprogram yang lebih kecil. Dalam hal ini masing-masing objek bisa dipecah menjadi prosedur dan fungsi.

Prosedur adalah kumpulan perintah yang ditandai dengan keyword sub. Contoh penggunaan prosedur adalah sebagai berikut:

Dari kode program diatas bisa dijelaskan sebagai berikut. Prosedur diatas bernama Cari, cari akan mendeklarasikan sebuah variabel i yang bertipe data integer. Kemudian i diisi dengan data 10+3, sehingga variabel i sekarang bernilai 13. Perintah Print i berfungsi untuk mencetak variabel i tersebut.

Fungsi adalah kumpulan perintah yang menghasilkan nilai. Karakteristik dari sebuah fungsi hampir sama dengan prosedur, hanya saja prosedur mempunyai nilai sendiri. Sehingga function juga mempunyai tipe data. Contoh penggunaan function adalah sebagai berikut:

Sekarang kita juga mempunyai sebuah function dengan nama Cari, function cari bertipe data integer, kemudian ada satu baris perintah yang mengubah isi dari function cari menjadi 10+3, sehingga sekarang function cari bernilai 13. Function ini bisa dipanggil oleh prosedur / function lain untuk menghasilkan nilainya, yang bisa kita perlakukan sama dengan sebuah variabel. Hanya saja bedanya variabel sudah menampung data. Sedangkan function akan memproses dulu perintah sesuai dengan kumpulan perintah yang ada padanya baru kemudian mengeluarkan data yang telah selesai di proses.

1 comments:

assalam.. mas aku mohon bantuan ni, lagi ngerjain skripsi .. aku mahasiswa teknik sipil, jadi lagi pengembangan aplikasi Rencana Anggaran Biaya dengan Visual Basic..

aku ada beberapa masalah pada Perhitungan..
1. Menampilkan Check Box dalam Flexgrid sesuai jumlah baris pada.

2. Menjumlahkan Semua Nilai yang ada pada satu kolom..

Mohon bantuannya mas.. Email Ary_toteles05@yahoo.com
FB : Ary_toteles05@yahoo.com

Post a Comment